Rabu, 05 Februari 2014

Teknik Seleksi Photoshop part.2

      Masih kelanjuttannya yang sebelumnya, ini tentang teknik seleksi yang lainnya. 


      Membuat lebih dari 1 seleksi dan menggabungkannya
Untuk membuat seleksi lebih dari 1, cukup dengan buat seleksi pertama, lalu tekan Shift ketika mambuat seleksi lain. 



Untuk menggabungkan seleksi, anda harus membuat seleksi pertama, lalu buat seleksi kedua sampai terlihat menimpa seleksi pertama.



 Membalikkan seleksi
Jika anda ingin menghapus atau mengedit suatu bagian dan mengecualikan bagian tertentu maka seleksi bagian yang tidak ingin anda hapus, lalu tekan Ctrl+Shift+I, maka akan terbentuk 2 seleksi, seleksi pertama adalah seleksi awal anda dan seleksi kedua ada di tepi layer yang berarti seleksi awal anda tidak akan terhapus, teredit atau yang lainnya.



Quick Selection Tool
Tool ini berguna untuk menyeleksi berdasarkan tonal, warna dan sekaligus mencari tekstur yang serupa di gambar, sehingga anda dapat mendeteksi batasan objek dengan lebih baik. Untuk menggunakan tool ini cukup sapukan pada gambar.


 Jika anda mendapati ada bagian yang tidak ada inginkan seperti ini, sapukan Quick Selection Tool dengan menahan Alt pada area tersebut.


maka seleksi yang berlebih tadi akan menghilang.



 Grow & Similiar
Grow adalah tool yang memilih semua pixel yang berdekatan yang terbatas berdasarkan pada area seleksi awal. Untuk menggunakan Grow buat seleksi lalu pilih Select > Grow.



Sedangkan similiar, menyertakan semua pixel dari seluruh gambar dan bukan hanya yang berdekatan. Untuk menggunakan pilih Select > Select.


  
 Quick Mask Mode

Aktifkan Quick Mask Mode dengan mnekan tombol Q. Pilih Brush Tool, dengan warna Foreground hitam, lalu sapukan pada area yang tidak ingin anda hapus atau edit. Ketika anda sapukan tool ini akan keluar warna merah.



 Setelah itu tekan Q untuk kembali ke standard mode, setelah itu akan terbentu seleksi seperti ini.



skian dlu, moga guna. wassalam........


0 komentar:

Posting Komentar