Rabu, 05 Februari 2014

Contoh Resensi Buku

Resensi adalah ulasan tentang sebuah buku. Dalam membuat resensi, kita perlu melakukan penilaian terhadap suatu buku. secara umum resensi untuk memberitahu kepada pembaca tentang buku-buku baru dan ulasan tentang kelebihan dan kakurangan buku tersebut. Berikut adalah contoh resensi yang telah saya buat.




BELAJAR PHOTOSHOP TIDAK PERLU GURU























Judul : Mahir Otodidak Photoshop CS5
Penulis : Christopher Lee
Penerbit : PT Elex Media   Komputindo
Tanggal terbit : Jumat, 23 Agustus 2013
Tebal buku : ( x, 234 )
Dimensi buku : 210 mm x 140 mm
ISBN : 9786020217918 

      Photoshop merupakan aplikasi komputer yang di-gunakan untuk mengolah gambar atau foto. Hingga saat ini photoshop sudah ada dalam berbagai versi. Buku ini menjelaskan berbagai teknik dasar dalam photoshop CS5 yang dibagi menjadi 7 bab.

     Salah satu bab yang ada di buku ini adalah teknik seleksi. Bab ini mungkin sering dainggap sepele oleh para pemula. Tetapi, penulis tidak hanya memberikan materi seleksi biasa, penulis juga memberikan materi seperti apa saja yang dapat digunakan untuk menyeleksi gambar, pengembangan dari pilihan-pilihan itu. Dan, mungkin yang dianggap menarik dan tidak bisa di lewati adalah bab dimana dijelaskan bagaimana untuk menambah dan meng-gabungkan seleksi.

     Buku ini juga menjelaskan tentang tweaking photoshop yaitu pengubahan pengaturan photoshop yang bertujuan untuk meningkatkan performa penggunaan photoshop, bisa berupa penigkatan RAM yang dapat digunakan photoshop, pengubahan tampilan lembar kerja workspace dan yang lain. Di buku ini juga dijelaskan berbagai teknik yang berguna untuk photographer seperti koreksi tonal dan warna dasar, yang berguna untuk menghasilkan gambar yang lebih maksimal, karena jepretan foto tidak selalu menghasilkan gambar yang sempurna. Dan juga foto retouching, ini adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan untuk menyempurnakan foto.

     Selain megolah gambar, photoshop juga dapat digunakan untuk mengolah teks, buku ini menjelaskan bagaimana teknik - teknik untuk mengolah teks yang menarik, seperti membuat teks yang seolah – olah terbuat dari emas, ada juga yang seperti api dan masih banyak  lagi.

     Semua yang dijelaskan buku ini sebenarnya merupakan teknik dasar dalam photoshop. Christopher Lee menulis buku ini karena banyak pemula photoshop yang meremehkan dasar-dasar photoshop yang penting, hal ini disebabkan oleh keinginan untuk cepat mahir dalam menggunakan photoshop.

     Selayaknya buku-buku yang berisi latihan-latihan praktik, buku ini dilengkapi gambar yang akan membantu mem-praktikkan isi dari buku tersebut. Dan juga, buku ini dilengkapi alamat dimana kita bisa mengunduh file latihan yang ada di buku secara gratis.

     Dibuku ini memang dilengkapi dengan gambar yang cukup membantu, tetapi buku ini dicetak hitam putih, sehingga pembaca mungkin akan kesulitan untuk membedakan bagaimana hasil foto yang sudah diolah dan foto yang belum diolah. Selain itu, ada beberapa bahasa yang kurang bisa dimengerti, sehingga walaupun dilengkapi gambar perintah cukup sulit dimengerti untuk dilakukan. Akan lebih baik jika ada pencetakan ulang, buku dicetak berwarna, bahasa disunting sehingga lebih mudah dimengerti.

     Buku ini sangat berguna bagi pemula photoshop yang belajar secara otodidak. Buku ini bisa menjadi pemandu dan referensi yang sempurna bagi siapa saja yang ingin belajar photoshop secara otodidak. Mengingat penulis memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di IT khususnya dibidang pelatihan. Sebagai Certified System Trainer untuk Singapore National Computer Board & Singapore National Productivity Board. Ia juga telah menulis buku-buku komputer seperti Microsoft Office, Programming dan Desain Grafis. Jadi buku ini memang baik untuk para pemula photoshop.




Nama:
Pekerjaan 

Ps: foto kucingnya itu cuman contoh, biasanya pakai foto diri sendiri. tapi saya males post foto ndiri

0 komentar:

Posting Komentar