Sabtu, 14 Desember 2013

TEXT EFFECT : MEMBUAT TEKS BEREFEK TERBAKAR MENGGUNAKAN PHOTOSHOP CS5















Pada postingan ini saya akan memberikan sebuah tutorial untuk membuat teks dengan efek terbakar/berapi, menggunakan Photoshop CS5.


Buat dokumen baru dengan ukuran 700 x 400 px dengan resolusi 72, mode RGB dan latar belakang warna hitam. Gunakan Horizontal Type Tool untuk membuat teks, pilih Font : Shonar Bangla, Size : 180, dan warna putih. Lalu buat layer dengan background warna hitam. Lalu ketik teks “FIRE”. Lalu ubah teks ke format image Layer > Rasterize > Type agar dapat diberi efek filter.



 Tekan CTRL+J untuk menduplikat layer tersebut. Pilih layer asli FIRE dan pilih menu Image > Image Rotation > 90 CW untuk memutar teks 900 searah jarum jam.


Stelah itu pilih menu Filter > Stylize > Wind dengan menggunakan settings berikut. Lalu klik OK.





Tekan CTRL+F dua kali untuk mengulang perintah filter yang sama. Pilih menu Image > Image Rotation > 90 CCW untuk mengembalikan layer ke posisi semula.


Pilih layer FIRE, gunakan menu Filter > Blur > Gaussian Blur dengan radius:2 pixels. Pilih Layer 1 dan tekan CTRL+J untuk menduplikat layer. Pilih layer FIRE > klik kanan pada layer > Merge Down.


Pilih Layer 1 copy, pilih menu Filter > liquify (CTRL+SHIFT+X) dengan settings berikut dan sapu bagian tepi huruf untuk mendapat efek lidah api.


Pilih Select Image > Adjusments > Hue/Saturation (CTRL+U) dengan settings berikut.


Tekan CTRL+J pada Layer 1 copy untuk menduplikatnya. Pilih Layer 1 copy 2 lalu pilih menu Image > Adjusments > Hue/Saturation dengan settings berikut tanpa Colorize.


Ubah Blending mode ke Overlay untuk membuat lidah api lebih menyala.


Pilih layer FIRE copy lalu klik tombol Lock Transparency, sehingga semua pixel transparan tidak dapat diubah kecuali teks saja.


Setelah itu teks bisa diberi warna – warna sesuai selera. Dan inilah hasilnya.



Jika anda bosan dengan warna api diatas, anda bisa membuat warna api lain dengan melakukan eksperimen sendiri. Ini beberapa contoh yang saya buat.










































by: I Scream

0 komentar:

Posting Komentar